Perekonomian Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Category: Ekonomi Islam

Perekonomian Pada Masa Khulafaur Rasyidin


Perekonomian-pada-masa-khulafaurasyidin


  • Abu Bakar As Shidiq (51 SH - 13 H / 537 - 634 M)

    Khulafaur rasyidin yang pertama adalah Abu bakar As Shidiq - Setelah Rasulullah wafat Abu bakar as shidiq atau yang bernama lengkap Abdullah Ibn Abu Quhafah Al Tamimi terpilih sebagai khalifah islam yang pertama.

    Abu Bakar adalah sahabat yang terpercaya dan dikagumi oleh Rasulullah SAW. ia merupakan pemuda yang pertama kali menerima seruan Rasulullah tanpa banyak pertimbangan. Beliau merupakan pemimpin agama sekaligus kepala negara bagi kaum Muslim.

    Pada masa pemerintahan yang hanya berlangsung selama 2 tahun, beliau banyak menemui permasalahan dalam negri yang berasal dari :

    • Kelompok nabi palsu
    • Kelompok murtad
    • Dam pembangkan zakat (tidak mau membayar zakat)

    Beliau membangun Baitul mal kembali dan meneruskan sistem pendistribusian harta untuk rakyat sebagaimana yang telah diterapkan pada masa Rasulullah. Beliau juga mempelopori sistem penggajian bagi aparat negara.

    Dalam usahanya meningkatkan kesejahteraan umat islam, khalifah Abu bakar as shidiq melaksanakan berbagai kebijakan ekonomi seperti yang telah di praktikan oleh Rasulullah :
    1. Perhatian yang besar terhadap keakuratan penghitungan zakat
    2. Melaksanakan kebijakan pembagian tanah hasil taklukan
    3. Mengambil alih tanah-tanah dari orang murtad untuk dimanfaatkan demi kepentingan umat Islam
    4. Distribusi harta Baitul Mal menerapkan prinsip kesamarataan, dengan begitu selama pemerintahan Abu bakar As Shidiq harta di Baitul mal tidak pernah menumpuk dalam jangka waktu lama karena langsung di distribusikan kepada kaum muslim.


  • Umar bin Khattab (40 SH - 23 H / 584 - 644 M)

    Perekonomian pada masa khulafaur rasyidin - Untuk mencegah terjadinya perselisihan di kalangan umat islam, Abu bakar bermusyawarah dengan para pemuka sahabat untuk mencari calon penggantinya, berdasarkan hasil musyawarah Abu bakar menunjuk Umar bin Khattab sebagai khalifah islam yang kedua.

    Pada masa pemerintahannya yang berlangsung selama sepuluh tahun, Umar ibn Al-Khattab banyak melakukan ekspansi hingga wilayah Islam meliputi Jazirah Arab, sebagian wilayah kekuasaan Romawi (Syria, Palestina, dan Mesir), serta seluruh wilayah kerajaan Persia, termasuk Irak.

    Perluasan wilayah islam yang sangat cepat Umar segera mengatur administrasi negara. Administrasi pemerintah diatur menjadi delapan wilayah provinsi: Makkah, Madinah, Syria, Jazirah, Basrah, Kufah, Palestina, dan Mesir. la juga membentuk jawatan kepolisian dan jawatan tenaga kerja.

    Umar bin khattab juga termasuk khalifah yang paling banyak berlerasi dan berinovasi. Umar bin khattab adalah tokoh yang dengan pemberani Membukukan Al-Qur'an > Kodifikasi Al-Qur'an karena waktu itu banyak hafidz dan hafidzah yang gugur di medan perang sehingga ditakutkanlah Al-Qur'an akan punah.

    Umar bin khattab melakukan langkah-langkah besar pengembangan dalam bidang pertanian. Antara lain :

    1. Menghadiahkan tanah pertanian kepada Masy yang bersedia menggarapnya namun siapa yang gagal mengelola selama 1 tahun maka dia akan kehilangan kepemilikan tanah tersebut.
    2. Pada masa kekhalifahan Umar banyak dibangun irigasi, waduk, tangki kanal dan pintu air serba guna untuk mendistribusikan air di ladang pertanian.

    Hukum perdagangan mengalami penyempurnaan guna menciptakan perekonomian secara sehat, yaitu dengan cara :
    1. Umar mengurangi beban pajak terhadap beberapa barang, pajak perdagangan nabati, dan kurma syria sebesar 50%
    2. Membangun pasar termasuk di wilayah pedalaman (Ubulla,Yaman,Damaskus,Mekkah dan Bahrain)


    Umar juga memberlakukan mekanisme gaji kepada para anggota Militer. Lembaga yang menangani tugas ini dinamakan Al-Diwan, ini merupaka Al-Diwan islam yang pertama.


  • Utsman Bin Affan ( 47 SH - 35 H / 577 - 656 M )

    Perekonomian pada masa khulafaur rasyidin - Pada masa pemerintahannya yang berlangsung 12 tahun, khalifah usman bin Affan berhasil melakukan ekspensi kewilayaan armenia, tunesia, cyprus, rhodes, dan bagian tersisa dari persia, transoxania dan tabristan. Ia juga berhasil menumpas pemberontakan didaerah khurusan dan iskandariah.

    Beliau merupakan khalifah yang kaya. Pada Perang Tabuk (Perang besar) beliau menyumbangkan 100 ekor unta agar tentara perang muslim tidak lelah karena jaraknya yang jauh. Pada enam tahun masa pemerintahannya, Usman banyak mengikuti kebijakan ekonomi Umar bin khattab.

    Pada enam tahun pertama Baikh, Khabul, Gazni, Kerman dan Sistan di taklukan. Kemudian tindakan efektif dilakukan untuk pengembangan Sumber daya alam. Aliran air digali, jalan-jalan dibangun, pohon-pohon ditanam untuk diambil buah dan hasilnya.

    Seiring luasnya daerah kekuasaan Islam, Usman membentuk lembaga pengamanan guna menjamin stabilitas keamanan di daerah perekonomian.



  • Ali bin Abi Thalib ( 23 SH - 40 H / 600 - 661 M )

    Perekonomian pada masa khulafaur rasyidin - Setelah diangkat sebagai khalifah keempat oleh segenap kaum muslimin, Ali Bin Abi Thalib langsung mengambil tindakan seperti membuka kembali lahan perkebunan yang telah diberikan kepada orang-orang kesayangan Usman, dan mendistribusikan pendapatan pajak tahunan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan umar bin khattab.

    Kabijakan Ali bin Abi Thalib, adalah :

    1. Mengedepankan prinsip pemerataan dalam pendistribusian kekayaan negara kepada masyarakat.
    2. Menetapkan pajak terhadap para pemilik kebun dan mengijinkan pemungutan zakat terhadap sayuran segar.
    3. Melakukan kontrol pasar dan pemberantas pedagang licik, penimbunan barang , dan pasar gelap.
    4. Membentuk petugas keamanan yang disebut dengan ''Syurthah'' (Polisi). Yang dipimpin oleh Shahibus-Syurthah.
    5. Ketat dalam menangani keuangan negara dan Melanjutkan kebijakan umar.








Baca Artikel Yang Terkait Lainnya :

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

65 responses to "Perekonomian Pada Masa Khulafaur Rasyidin"

dhani setiaji [10:45 AM, 04-Jul-13]

Mantap itu komen Spam... jadi nyimak juga komen spam.... trus komen apa ya?? biggrin wah No komen aja lah smile



arrow http://dhani-blog.heck.in/seo-sahabat-info-blog-informasi-seputar.xhtml

Perbankan Syariah 2013 [10:45 AM, 04-Jul-13]

Perekonomian Pada Masa Khulafaur Rasyidin : http://syariah.mywapblog.com/perekonomian-pada-masa-khulafaur-rasyidi.xhtml

Newbie Baru [10:51 AM, 04-Jul-13]

Wah pesat kemajuanya y

Abdul jalil [10:54 AM, 04-Jul-13]

Postingan nya insya allah bermanfaat. .terus berkarya ya gan

Muhammad Shofa Yusuf AlHusain [11:09 AM, 04-Jul-13]

Subhanallah postingannya sangat bermanfaat sobsmile . . . .
Kalo ada waktu mampir yahwink

Aremankz Personal [11:19 AM, 04-Jul-13]

Kunjungan silaturahmi ajja sob ,,mantap post'y

Download =>http://aremankz.heck.in/thema-full-icon-by-aremankz-syimbian-s60.xhtml

Jangan lupa kunjungan baliknya

aarii [11:28 AM, 04-Jul-13]

gue SD belajar ini, gan.
jadi ingat masa lalu biggrin
down-arrow
http://aarii.mywapblog.com

Fatih Si Troopers [11:32 AM, 04-Jul-13]

info dari ente selalu bermanfaat.. sukses selalu

bLack nq Hecks In [11:34 AM, 04-Jul-13]

so far away...
Nice post

kuNbal sucses.

Dastim701 [11:46 AM, 04-Jul-13]

Nyimak sob, Hadir sesuai undangan sobat.
Jadi inget sama masa SD & SMP, kngen sma sahabatku.

duh ko' jdi curhat redface

Dastim701 [11:46 AM, 04-Jul-13]

Nyimak sob, Hadir sesuai undangan sobat.
Jadi inget sama masa SD & SMP, kngen sma sahabatku.

duh ko' jdi curhat redface

Phejhenkbocahrantau [11:54 AM, 04-Jul-13]

Sip, ijin nyimak dulu yamrgreen

Gio48 [11:57 AM, 04-Jul-13]

KUNBAL SUKSESS

anggio.pun.bz/download-mv-video-clip-river-akb48-origi.xhtml

Dean Muftian [11:58 AM, 04-Jul-13]

Nice posting gan.

Narvers [11:59 AM, 04-Jul-13]

bagus sekali infonya gan mrgreen

nyimak aja gan

k0k0h [12:01 PM, 04-Jul-13]

knjgn balik dtng sobb..
ane ijin nyimka ja dlu

Irfankurrr [12:18 PM, 04-Jul-13]

Wah. Udah ada perbank kan ya pada jaman itu..

Keren..

blogguebanget.heck.in/tema-hp-chalk-board-320x240-x2-01-c3-dll.xhtml

Embah MyWapBlog [12:20 PM, 04-Jul-13]

hadir aja kawan..

Secuil Info [12:20 PM, 04-Jul-13]

kunjungan siang sob,, nice post

Saiandi [12:23 PM, 04-Jul-13]

Nyimak Saja Ah smile ,

MyMovie [12:25 PM, 04-Jul-13]

nmbah ilmu lgi.. skliam mmnuhi undangan..


http://mymovie.pun.bz
http://mymovie.pun.bz/rss.xml

Pojok Musik [12:39 PM, 04-Jul-13]

Jauh banget dari jaman sekarang o.o

Fauzie Mobile Games [12:52 PM, 04-Jul-13]

hadir bos…

jangan lupa KUNBAL ya…

eanreana [01:00 PM, 04-Jul-13]

Assalamualaikum wr wb.
Khulafaur rasyidin dg sifat shidiq, tablik, fathanah & amanah mampu membawa masyarakat sejahtera. Pemimpin2 yg keren!

Lanjutkan Membaca [01:12 PM, 04-Jul-13]

Thank kode info nya...
Moga sukses selalu...
Salam santun...

Hamdan [01:13 PM, 04-Jul-13]

istirahat dulu ah sambil lirak lirik siapa tau ada yang cocok
ma,af ya komen copasan. tapi santae aja bukan dari auto komen kok... aslhi dari qu bukan otomatis komen, aslhi ketikan qu cuma tak copas , soalnya banyak yang nunguin... kunjung balik ya

visit: http://hamdan.mwb.im/gambar-buat-status-komen-pesan-fb.xhtml

sudibyo mangkuwijaya [01:50 PM, 04-Jul-13]

kunjungan silahturahmi sob

ψ мαCαη sτßěz ψ [01:55 PM, 04-Jul-13]

blm bs koment apa'' slain nyimak dan menunggu episode berikutnya


http://macanstrez.heck.in/kumpulan-kode-warna-html-mempercantik-ta.xhtml

Wira Dwi Susanto [02:18 PM, 04-Jul-13]

Hahaha.. Di pelajaran Agamaku ada materi seperti ini biggrincheesy-grinmrgreen

Shahruladhy [02:23 PM, 04-Jul-13]

Wah Bermanfaat BGT sob smile biggrin

Muntahanisty [03:00 PM, 04-Jul-13]

wew makin Bermanfaat Gan.
Hadir untuk meramaikan blog sobat.

MrKopiPasta [03:17 PM, 04-Jul-13]

wah..nambah ilmu islam lagi nih..smile
Ditunggu kunbalnya
http://kopi-pasta.heck.in/cara-cek-kualitas-seo-blog-anda-2.xhtml

Diat rian [03:23 PM, 04-Jul-13]

Bisa Buat belajar nih . . thx buat kunjungannya di diatrian.heck.in

мعℓℓγ тîäяä [03:38 PM, 04-Jul-13]

Hy sobzz, saya dateng sekedar meramaikan blog sobat,,, Oo'iya qm aq undang ke blog aq, dateng ya,,,

Keyword: cara cepat kaya,

Globalklik Inc [03:43 PM, 04-Jul-13]

seandainya zaman dulu itu tehnologi sudah seperti sekarang

Muhammad Ali [04:20 PM, 04-Jul-13]

Sip deh sob.

http://pangeran.mywapblog.com/trik-menghapus-user-lain-dengan-cepat.xhtml

joels [04:42 PM, 04-Jul-13]

follow sukses, jangan lupa follback ya gan.

Afif Slash [04:45 PM, 04-Jul-13]

sip lek infonya..

Afif Slash [04:47 PM, 04-Jul-13]

sip lek infonya..

MUH YUNUZ [04:58 PM, 04-Jul-13]

keren pst,,nya gan,tmbah ilmu....

ReShare [05:08 PM, 04-Jul-13]

kunjungan sore gan...

alitfals [05:17 PM, 04-Jul-13]

Kunjungan sore bang ,nice inpo bang ,sangat brmanfaat

Ingin Blog Agan Tampil Rutin Tiap Hari Di Blog Bookmarking saya ,
Silahkan Kunjungi : dan : Follow =>

www.zonagratis.vv.si/kumpulan-link-serba-serbi-update-3-juli.xhtml

paijo [06:01 PM, 04-Jul-13]

kunbal sukses sob...

Bagus post nya.nambah pengetahuan...

hunstu pencipta lagu keren [06:25 PM, 04-Jul-13]

Wahh ekonomiku lg gawat nich sob ehe

Secuil Info [06:25 PM, 04-Jul-13]

kunjungan mlm, numpang nyimak aj gan biggrin

Ahmads the changer [07:57 PM, 04-Jul-13]

Hadir sobat. Wah memang tak ad perekonomian yg lebih baik dari perekon0mian yg sesuai syariat islam. .
Mf bru bisa hadir d blog sobat dikarenakan agenda liburan. Sm0ga sobat tdk kecewa ya. Sukses trus buat postnya sob

jkt48infokus [08:09 PM, 04-Jul-13]

Hadir memenuhi undangan

Ari Setianto [08:37 PM, 04-Jul-13]

Maaf, gk bisa baca semua sob.. Semangat terus untuk mengupdate artikel islami.. smile

PodoMoro Blog [09:24 PM, 04-Jul-13]

Wah bermanfa,at Min mksh ilmunya.

Ridwansyah [10:06 PM, 04-Jul-13]

selamat mlm sob. maaf ya bru bisa mampir

slamet rizki dian pradanasti [10:19 PM, 04-Jul-13]

assmikum,silahturahmi gan

Perbankan Syariah 2013 [10:41 PM, 04-Jul-13]

@Ahmads the changer,
Oh, makasih sob. Udah berkomentar deengan panjang sesuai postingan. wink saya gak bakal kecewa kok

Rohendi Akatsuki [11:24 PM, 04-Jul-13]

mantap master.. sayang gak bisa lama2 disini,, mau ronda nih udah lama...


mampir ya master...

http://rohendi.mywapblog.com/the-ring-movies.xhtml

Gians [12:16 AM, 05-Jul-13]

kunjungan perdana gan, . Nice article gan biggrin

Kunbal di tunggu
# Kalau gak keberatan follow blog saya, kalau sudah harap lapor nanti saya follback

lelana [03:29 AM, 05-Jul-13]

Mkin brtmbah pngetahuan ane sob...Sobat luar biasa

Like post

Santri ndablegs [06:25 AM, 05-Jul-13]

Nambah ilmu...

Wira Dwi Susanto [06:59 AM, 05-Jul-13]

Hadir sob.. Kunjungan Pagi biggrin

igohero [07:24 AM, 05-Jul-13]

kunjungan pagi zob..
Mampir lagi ya
http://
igohero.mywapblog.com/
membaca-karakter-seseorang-
dari-tulisan.xhtml

Ricko4RT [02:11 PM, 05-Jul-13]

info yang sangat bermanfaat
maju terus

Aldhy SaMaWa [09:11 PM, 05-Jul-13]

Assalamualaikum wr.. Wb..

Post_x mantap mas..smile

Truz berkarya yha..

Semangat..smile

Lw da waktu mampir yha..smile

http://samawa.mywapblog.com

Alfian [07:44 AM, 06-Jul-13]

khhadir berkunbal


post nya smakin very nice



thanks dah mampir di my gubuk

rizqiyagami [10:01 AM, 08-Jul-13]

ouh macam tu

Cardy aries [06:28 AM, 10-Jul-13]

keren Artikelnya sob.hehehecheesy-grin??? Mmpir yah di http://chlomanks.mywapblog.com/indoboclub-bisnis-online-yang-mudah-di-k.xhtml

BahryMst [02:55 AM, 11-Jul-13]

Trima kc n met sahur,trus n trus brkarya "afdalun nasi,anfaun linnas.
Mampir jg xa ksni
http://bahrymst.mywapblog.com/benarkah-pesugihan-putih-tanpa-tumbal.xhtml

Mubari [05:02 PM, 13-Jul-13]

wah mantab dan lengkap postingannya. met berbuka puasa untuk indonesiaku

saya comot ini ajagan:

Menghadiahkan tanah pertanian kepada Masy yang bersedia menggarapnya namun siapa yang gagal mengelola selama 1 tahun maka dia akan kehilangan kepemilikan tanah tersebut.

Pada masa kekhalifahan Umar banyak dibangun irigasi, waduk, tangki kanal dan pintu air serba guna untuk mendistribusikan air di ladang pertanian.

sip, kunbal ditunggu

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images